Cara Screenshot di Laptop dan PC, Mudah dan Cepat

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    TeknoTekno
  • Sistem:
    Tidak diketahui
  • Harga:
    USD 0

Screenshot atau tangkapan layar adalah gambar yang menampilkan apa yang sedang terlihat di layar laptop atau PC Anda. Screenshot berguna untuk berbagai keperluan, seperti membuat tutorial, menyimpan informasi, atau berbagi konten. Ada banyak cara untuk melakukan screenshot di laptop dan PC, baik dengan menggunakan tombol keyboard, aplikasi bawaan Windows, atau aplikasi pihak ketiga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa cara screenshot di laptop dan PC yang mudah dan cepat. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Cara Screenshot di Laptop dan PC dengan Tombol Print Screen

Cara paling sederhana untuk melakukan screenshot di laptop dan PC adalah dengan menggunakan tombol Print Screen (PrtSc) yang ada di keyboard. Cara ini bisa dilakukan di semua versi Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 11. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka tampilan yang ingin Anda screenshot di layar laptop atau PC Anda.
  2. Tekan tombol PrtSc di keyboard. Tombol ini biasanya berada di bagian kanan atas keyboard, di sebelah tombol F12. Jika tombol PrtSc memiliki fungsi ganda, Anda mungkin perlu menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol PrtSc.
  3. Tunggu sebentar, Anda akan melihat layar berkedip sebentar. Ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil dan disimpan di clipboard, yaitu tempat penyimpanan sementara di memori.
  4. Buka aplikasi yang bisa menampilkan gambar, seperti Paint, Word, atau Photoshop. Anda juga bisa menggunakan aplikasi online, seperti Google Docs atau Canva.
  5. Tekan Ctrl+V di keyboard atau klik kanan dan pilih Paste untuk menempelkan gambar screenshot yang ada di clipboard. Anda juga bisa menggunakan menu Edit > Paste di aplikasi yang Anda gunakan.
  6. Anda akan melihat gambar screenshot Anda muncul di aplikasi yang Anda buka. Anda bisa mengedit, menyimpan, atau membagikan gambar screenshot sesuai keinginan Anda.

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk melakukan screenshot di laptop dan PC. Namun, ada beberapa kekurangan dari cara ini, yaitu:

  • Anda tidak bisa memilih area tertentu yang ingin Anda screenshot, melainkan seluruh layar.
  • Anda tidak bisa langsung menyimpan gambar screenshot, melainkan harus menempelkannya ke aplikasi lain terlebih dahulu.
  • Anda tidak bisa mengambil screenshot lebih dari satu kali secara berturut-turut, karena gambar screenshot sebelumnya akan tergantikan oleh gambar screenshot terbaru di clipboard.

2. Cara Screenshot di Laptop dan PC dengan Tombol Windows + Print Screen

Cara kedua untuk melakukan screenshot di laptop dan PC adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen. Cara ini bisa dilakukan di Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, dan Windows 11. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka tampilan yang ingin Anda screenshot di layar laptop atau PC Anda.
  2. Tekan tombol Windows + PrtSc secara bersamaan di keyboard. Tombol Windows adalah tombol yang memiliki logo Windows, biasanya berada di bagian kiri bawah keyboard, di sebelah tombol Ctrl.
  3. Tunggu sebentar, Anda akan melihat layar menjadi gelap sebentar. Ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil dan disimpan secara otomatis di folder Pictures > Screenshots di hard drive Anda.
  4. Buka folder Pictures > Screenshots di hard drive Anda. Anda akan melihat gambar screenshot Anda dengan nama file Screenshot (1), Screenshot (2), dan seterusnya, sesuai dengan urutan pengambilan screenshot.
  5. Anda bisa mengedit, menyimpan, atau membagikan gambar screenshot sesuai keinginan Anda.

Cara ini adalah cara yang lebih praktis dan efisien untuk melakukan screenshot di laptop dan PC. Anda tidak perlu menempelkan gambar screenshot ke aplikasi lain, karena gambar screenshot sudah tersimpan secara otomatis di folder tertentu. Anda juga bisa mengambil screenshot lebih dari satu kali secara berturut-turut, karena gambar screenshot tidak akan tergantikan oleh gambar screenshot terbaru. Namun, ada beberapa kekurangan dari cara ini, yaitu:

  • Anda tidak bisa memilih area tertentu yang ingin Anda screenshot, melainkan seluruh layar.
  • Anda tidak bisa mengubah lokasi penyimpanan gambar screenshot, kecuali Anda mengubahnya secara manual di folder Pictures > Screenshots.
  • Anda tidak bisa mengubah format atau nama file gambar screenshot, kecuali Anda mengubahnya secara manual di folder Pictures > Screenshots.

3. Cara Screenshot di Laptop dan PC dengan Tombol Windows + Shift + S

Cara ketiga untuk melakukan screenshot di laptop dan PC adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Cara ini bisa dilakukan di Windows 10 dan Windows 11. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka tampilan yang ingin Anda screenshot di layar laptop atau PC Anda.
  2. Tekan tombol Windows + Shift + S secara bersamaan di keyboard. Anda akan melihat layar menjadi redup dan muncul bingkai putih dengan empat titik di sudut-sudutnya.
  3. Seret bingkai putih tersebut dengan mouse atau touchpad untuk memilih area yang ingin Anda screenshot. Anda bisa mengubah ukuran dan posisi bingkai sesuai keinginan Anda.
  4. Lepaskan mouse atau touchpad setelah Anda selesai memilih area yang ingin Anda screenshot. Anda akan melihat area yang Anda pilih menjadi terang dan muncul notifikasi di pojok kanan bawah layar yang menunjukkan bahwa screenshot telah berhasil diambil dan disimpan di clipboard.
  5. Buka aplikasi yang bisa menampilkan gambar, seperti Paint, Word, atau Photoshop. Anda juga bisa menggunakan aplikasi online, seperti Google Docs atau Canva.
  6. Tekan Ctrl+V di keyboard atau klik kanan dan pilih Paste untuk menempelkan gambar screenshot yang ada di clipboard. Anda juga bisa menggunakan menu Edit > Paste di aplikasi yang Anda gunakan.
  7. Anda akan melihat gambar screenshot Anda muncul di aplikasi yang Anda buka. Anda bisa mengedit, menyimpan, atau membagikan gambar screenshot sesuai keinginan Anda.

Cara ini adalah cara yang lebih fleksibel dan akurat untuk melakukan screenshot di laptop dan PC. Anda bisa memilih area tertentu yang ingin Anda screenshot, tanpa harus mengambil seluruh layar. Anda juga bisa mengambil screenshot lebih dari satu kali secara berturut-turut, karena gambar screenshot tidak akan tergantikan oleh gambar screenshot terbaru di clipboard. Namun, ada beberapa kekurangan dari cara ini, yaitu:

  • Anda tidak bisa langsung menyimpan gambar screenshot, melainkan harus menempelkannya ke aplikasi lain terlebih dahulu.
  • Anda tidak bisa mengambil screenshot dari jendela aktif saja, melainkan harus memilih area yang mencakup jendela tersebut.
  • Anda tidak bisa mengambil screenshot dari layar kedua, jika Anda menggunakan monitor tambahan.
Gambar Gravatar
Know me as Professional Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *