Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    TeknoTekno
  • Sistem:
    Tidak diketahui
  • Harga:
    USD 0

iPhone adalah salah satu smartphone paling populer di dunia, dengan fitur-fitur canggih seperti kamera berkualitas tinggi, layar retina, Face ID, dan lainnya. Namun, tidak ada yang sempurna, termasuk iPhone. Terkadang, kita bisa kehilangan foto-foto penting yang tersimpan di iPhone kita karena berbagai alasan, seperti penghapusan tidak sengaja, kerusakan perangkat, pembaruan sistem, atau masalah lainnya. Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone, baik dengan atau tanpa cadangan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa metode yang paling efektif dan mudah untuk memulihkan foto yang hilang atau terhapus di iPhone Anda.

Memeriksa album Baru Dihapus

Salah satu cara termudah untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone adalah dengan memeriksa album Baru Dihapus di app Foto. Album ini berisi foto-foto yang baru saja dihapus dari iPhone Anda dalam 30 hari terakhir. Jika foto yang Anda cari masih ada di album ini, Anda bisa memulihkannya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka app Foto di iPhone Anda.
  2. Ketuk tab Album di bagian bawah layar.
  3. Scroll ke bawah dan ketuk album Baru Dihapus di bagian Utilitas.
  4. Di iOS 16 atau versi lebih baru, gunakan Face ID atau Touch ID untuk membuka kunci album Baru Dihapus.
  5. Cari foto yang ingin Anda pulihkan dan ketuknya.
  6. Ketuk Pulihkan di bagian bawah layar.
  7. Konfirmasikan bahwa Anda ingin memulihkan foto tersebut.

Foto yang dipulihkan akan kembali ke album asalnya. Jika Anda ingin memulihkan beberapa foto sekaligus, Anda bisa ketuk Pilih di bagian kanan atas layar, pilih foto-foto yang ingin Anda pulihkan, dan ketuk Pulihkan.

Perlu diketahui bahwa album Baru Dihapus hanya menyimpan foto-foto yang terhapus dalam 30 hari terakhir. Setelah itu, foto-foto tersebut akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dipulihkan lagi dengan cara ini. Oleh karena itu, segera periksa album ini jika Anda menyadari bahwa ada foto yang terhapus dari iPhone Anda.

Memperlihatkan foto yang disembunyikan

Selain menghapus foto, Anda juga bisa menyembunyikan foto dari app Foto agar tidak terlihat oleh orang lain. Foto-foto yang disembunyikan akan dipindahkan ke album Tersembunyi, yang bisa dilihat dengan cara berikut:

  1. Buka app Foto di iPhone Anda.
  2. Ketuk tab Album di bagian bawah layar.
  3. Scroll ke bawah dan ketuk album Tersembunyi di bagian Utilitas.
  4. Di iOS 16 atau versi lebih baru, gunakan Face ID atau Touch ID untuk membuka kunci album Tersembunyi.
  5. Cari foto yang ingin Anda perlihatkan dan ketuknya.
  6. Ketuk tombol Lainnya (tiga titik) di bagian kanan bawah layar.
  7. Ketuk Perlihatkan.

Foto yang diperlihatkan akan kembali ke album asalnya. Jika Anda ingin memperlihatkan beberapa foto sekaligus, Anda bisa ketuk Pilih di bagian kanan atas layar, pilih foto-foto yang ingin Anda perlihatkan, dan ketuk Perlihatkan.

Jika Anda menggunakan Foto iCloud, foto yang Anda sembunyikan di satu perangkat juga akan disembunyikan di perangkat lainnya. Jika Anda ingin menyembunyikan album Tersembunyi dari app Foto, Anda bisa masuk ke Pengaturan > Foto dan matikan opsi Tampilkan Album Tersembunyi.

Memastikan Foto iCloud telah dinyalakan

Foto iCloud adalah fitur yang memungkinkan Anda menyimpan semua foto dan video Anda di iCloud secara aman, sehingga Anda bisa mengaksesnya di semua perangkat Anda. Jika Anda mengambil foto di iPhone dengan Foto iCloud dinyalakan, foto tersebut akan otomatis diunggah ke iCloud dan tersedia di perangkat lain yang masuk dengan ID Apple yang sama. Namun, jika Anda mematikan Foto iCloud di iPhone Anda, foto-foto yang belum diunggah ke iCloud akan tetap berada di iPhone Anda dan tidak bisa dilihat di perangkat lain. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengembalikan foto-foto tersebut dengan mengaktifkan kembali Foto iCloud. Berikut adalah caranya:

  1. Buka Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Ketuk [nama Anda] di bagian atas layar.
  3. Ketuk iCloud.
  4. Ketuk Foto.
  5. Nyalakan opsi Foto iCloud.

Setelah itu, iPhone Anda akan mulai mengunggah foto-foto yang belum tersinkronisasi ke iCloud. Pastikan iPhone Anda terhubung ke Wi-Fi dan memiliki daya baterai yang cukup. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit atau jam tergantung pada jumlah foto dan kecepatan internet Anda. Setelah selesai, Anda bisa melihat foto-foto tersebut di app Foto di perangkat lain yang masuk dengan ID Apple yang sama.

Perlu diketahui bahwa untuk menggunakan Foto iCloud, Anda memerlukan ruang penyimpanan iCloud yang cukup. Jika ruang penyimpanan iCloud Anda penuh, Anda tidak bisa mengunggah foto baru ke iCloud atau mengunduh foto dari iCloud. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membeli ruang penyimpanan iCloud tambahan atau menghapus konten yang tidak perlu dari iCloud.

Mengembalikan foto dari cadangan iTunes atau Finder

Jika foto-foto yang terhapus tidak ada di album Baru Dihapus atau Tersembunyi, dan Anda tidak menggunakan Foto iCloud, maka kemungkinan besar foto-foto tersebut sudah hilang dari iPhone Anda. Namun, jika Anda pernah membuat cadangan iPhone Anda menggunakan iTunes atau Finder sebelum foto-foto tersebut terhapus, maka Anda masih bisa mengembalikan foto-foto tersebut dengan memulihkan iPhone Anda dari cadangan tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan iPhone Anda ke komputer Mac atau PC yang memiliki cadangan iTunes atau Finder.
  2. Buka iTunes atau Finder di komputer Anda.
  3. Pilih iPhone Anda dari daftar perangkat.
  4. Klik Pulihkan Cadangan.
  5. Pilih cadangan yang ingin Anda pulihkan. Pastikan cadangan tersebut berisi foto-foto yang ingin Anda kembalikan.
  6. Klik Pulihkan dan tunggu prosesnya selesai.

Setelah proses selesai, iPhone Anda akan kembali ke kondisi saat cadangan dibuat, termasuk foto-foto yang terhapus. Namun, perlu diketahui bahwa metode ini juga akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone Anda sejak cadangan dibuat. Oleh karena itu, pastikan cadangan tersebut masih relevan dan tidak terlalu lama. Jika tidak, Anda mungkin kehilangan data penting lainnya.

Mengembalikan foto dari cadangan iCloud

Selain iTunes atau Finder, Anda juga bisa membuat cadangan iPhone Anda menggunakan iCloud. Cadangan ini disimpan di cloud dan bisa dipulihkan kapan saja dari perangkat mana saja. Jika Anda pernah membuat cadangan iPhone Anda menggunakan iCloud sebelum foto-foto tersebut terhapus, maka Anda bisa mengembalikan foto-foto tersebut dengan memulihkan iPhone Anda dari cadangan tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan iPhone Anda terhubung ke Wi-Fi.
  2. Buka Pengaturan di iPhone Anda.
  3. Ketuk [nama Anda] di bagian atas layar.
  4. Ketuk iCloud.
  5. Ketuk Manajemen Penyimpanan.
  6. Ketuk Cadangan.
  7. Pilih cadangan yang ingin Anda pulihkan. Pastikan cadangan tersebut berisi foto-foto yang ingin Anda kembalikan.
  8. Ketuk Hapus Cadangan untuk menghapus cadangan dari iCloud.
  9. Kembali ke Pengaturan dan ketuk Umum.
  10. Scroll ke bawah dan ketuk Setel Ulang.
  11. Ketuk Hapus Semua Konten dan Pengaturan.
  12. Masukkan kode sandi iPhone Anda dan konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus semua data dan pengaturan dari iPhone Anda.
  13. Setelah iPhone Anda dihapus, ikuti petunjuk di layar untuk menyiapkan iPhone Anda sebagai perangkat baru atau memulihkan dari cadangan lain.
  14. Saat ditanya, pilih Pulihkan dari Cadangan iCloud.
  15. Masuk dengan ID Apple Anda dan pilih cadangan yang telah Anda hapus sebelumnya.
  16. Tunggu prosesnya selesai. Pastikan iPhone Anda tetap terhubung ke Wi-Fi selama proses ini berlangsung.

Setelah proses selesai, iPhone Anda akan kembali ke kondisi saat cadangan dibuat, termasuk foto-foto yang terhapus. Namun, perlu diketahui bahwa metode ini juga akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone Anda sejak cadangan dibuat. Oleh karena itu, pastikan cadangan tersebut masih relevan dan tidak terlalu lama. Jika tidak, Anda mungkin kehilangan data penting lainnya.

Menggunakan software pemulihan data iPhone

Jika semua metode di atas gagal atau tidak memungkinkan untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone, maka Anda masih memiliki satu pilihan terakhir, yaitu menggunakan software pemulihan data iPhone. Software ini adalah program khusus yang dirancang untuk memindai memori internal iPhone dan menemukan data yang hilang atau terhapus, termasuk foto. Software ini biasanya dapat bekerja tanpa cadangan dan dapat memulihkan foto secara selektif tanpa menghapus data lainnya. Namun, software ini juga memiliki beberapa keterbatasan, seperti tidak dapat memulihkan foto yang ditimpa oleh data baru, tidak kompatibel dengan semua model atau versi iOS, atau memerlukan biaya untuk menggunakan fitur-fitur lengkapnya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan software ini, pastikan Anda membaca ulasan dan persyaratan software tersebut dengan cermat. Berikut adalah beberapa contoh software pemulihan data iPhone yang populer:

  • Dr.Fone – Data Recovery (iOS): Software ini diklaim sebagai software pemulihan data iPhone pertama di dunia, yang dapat memulihkan hingga 18 jenis data dari iPhone, termasuk foto, video, kontak, pesan, catatan, dan lainnya. Software ini dapat memindai baik memori internal maupun cadangan iTunes atau iCloud untuk mencari data yang hilang atau terhapus. Software ini juga mendukung hampir semua model iPhone dan versi iOS. Software ini tersedia untuk Windows dan Mac, dengan harga mulai dari $69.95 per tahun.
  • PhoneRescue for iOS: Software ini adalah software pemulihan data iPhone yang komprehensif, yang dapat memulihkan hingga 31 jenis data dari iPhone, termasuk foto, video, musik, dokumen, aplikasi, dan lainnya. Software ini dapat memindai baik memori internal maupun cadangan iTunes atau iCloud untuk mencari data yang hilang atau terhapus. Software ini juga memiliki fitur unik seperti perbaikan sistem iOS, penghapusan layar kunci, atau pemulihan WhatsApp. Software ini mendukung hampir semua model iPhone dan versi iOS. Software ini tersedia untuk Windows dan Mac, dengan harga mulai dari $49.99 per tahun.
  • Stellar Data Recovery for iPhone: Software ini adalah software pemulihan data iPhone yang profesional, yang dapat memulihkan hingga 15 jenis data dari iPhone, termasuk foto, video, kontak, pesan, riwayat panggilan, dan lainnya. Software ini dapat memindai baik memori internal maupun cadangan iTunes atau iCloud untuk mencari data yang hilang atau terhapus. Software ini juga memiliki fitur tambahan seperti enkripsi data, pengoptimalan kinerja, atau pembaruan software. Software ini mendukung hampir semua model iPhone dan versi iOS. Software ini tersedia untuk Windows dan Mac, dengan harga mulai dari $39.99 per tahun.

Untuk menggunakan software pemulihan data iPhone, Anda harus mengunduh dan menginstal software tersebut di komputer Anda, kemudian sambungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Setelah itu, ikuti petunjuk di layar software untuk memilih mode pemulihan, memindai iPhone Anda, memilih foto yang ingin Anda pulihkan, dan menyimpan foto tersebut di komputer atau iPhone Anda. Proses ini mungkin berbeda-beda tergantung pada software yang Anda gunakan, jadi pastikan Anda membaca panduan penggunaan software tersebut dengan teliti.

Demikianlah beberapa cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran lainnya, silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca.

Gambar Gravatar
Know me as Professional Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *